Jumat, 25 Mei 2012

'a little gift' // my present for putri eonni birthday

kau tau apa yang dibutuhkan oleh seorang bocah yang tengah meniti umur.?
sepasang telinga..telinga yang berfungsi ganda menjadi sebuah tangan..sebuah tangan yang bisa menyentuh mengarahkan dan memberi jalan.
sebuah teman duduk didalam bus dalam sebuah perjalanan panjang-
ketika nanti ada saat kau sampai ditujuanmu dan harus turun dan meninggalkan seorang bocah terduduk sendiri dibelakang kemudi supir bus, maka terus sematkanlah dalam notes hidupmu..ketiklah dalam pesan singkat didalam kalender ingatanmu agar sebuah alarm pernafasan bisa mengulang dan mengingatkanmu disaat yang tepat dan sama-- bahwa kau pernah dan telah sampai ditujuan dengan seorang bocah yg duduk disampingmu didalam bus biru dibelakang seorang supir yang tak terdeteksi.

sekalipun saat itu saat dimana sebuah kemacetan jalanan pagi tengah ada kau dan bocah itu tetaplah dua sosok yang tak saling mengenal- yang HANYA sebuah kebetulan bisa terduduk dibangku yg sama
bukan..pasti bukan sekedar sebuah kebetulan, kesesakan akan penumpang berlebih dan sebuah kebisingan akan waktu lah yang membuat salah satu dari kau dan bocah itu memilih dan terpaksa terduduk dibangku yang sama.
kau menikmati perjalanan un...tuk sampai ditujuanmu.?
kalau tidak- maka percayalah, bocah disampingmu itu sangat menikmati perjalanan..menikmati keheningan yang tercipta diantara sebuah kebisuan yang tak akan ditemukan ditempat terdamai sekalipun.. sebuah bus selalu menghadirkan itu.

saat ketika sebuah kemacetan lain datang, kau tentu akan terus mengingat ketika sebuah kecelakaan tragis diseberang jalan justru membuat kau dan bocah itu saling menatap untuk kemudian tertawa bersama..

tidak ada yg lucu dan menarik dan diingatkan bahwa itu adalah sebuah kecelakaan.!
sebuah kejadian yg tak pantas ketika kau menyambutnya dg sebuah tawa- tapi, siapa yang peduli.?
ini adalah sebuah bus dan seluruh penghuninya hanya mengenal dalam jarak
 ketika tujuanmu sampai- maka disanalah kau akan berhenti mengenal penghuni bus yang lain,
sebuah dunia yang lebih kejam dan teramat egois dalam sebuah bus..
tapi bocah itu...dia hanya sedang tidak mengerti kemana akan berteriak pada sang su...pir untuk menghentikan laju bus untuk kemudian turun.

bocah itu, hanya tengah menikmati kedamaian- sebuah kelengkapan dalam satu perjalanan didalam bus dibangku belakang pengemudi..dan kemudian kau mengisi bangku kosong disebelahnya.

tidak ada yang spesial bukan.?
sebuah ke umuman dalam spasi hidup. tapi tidak ketika sebuah tawa setelah kecelakaan didalam kemacetan yang membuka keakraban sekalipun tetap tak ada sepatah dua patah kata- hanya kehangatan dalam diam yang menyalurkan dan berteriak menemani perjalanan.
dan semua berjalan tanpa ada yang mengarahkannya..
sebuah kontak tak terlihat yang menghubungkan itu, dan percayalah..tidak disetiap dua manusia tak dikenal bisa terbekali kontak semacam itu,

kau pasti akan mengingat ketika -sekali lagi ku... katakan- tanpa kata, kalian telah menciptakan suatu hubungan yang bahkan lebih kental dari air..
kau tentu tidak menyadari itu, sebuah arah tak terkatakan untuk seorang bocah yang tengah -mungkin- membutuhkan arah menuju tempat tujuan.

sebuah waktu yang tak terlihat dan dengan suksesnya menjaring sesuatu yang tak terlihat juga.



happy birthday eonni..



kau ingin aku mengucap dan memberi doa apa untuk hari berhargamu ini.?
 berharap yang terbaik.? tetap sehat.? panjang umur.? atau semoga sukses.?
 aku terlalu bingung untuk memberimu sebuah ucapan, tanpa menunggu hari berhargamu ini pun, diseluruh waktu kebersamaan kita aku selalu mendoakan yang tadi ku sebut di atas,
sedikit aneh ketika aku menganggapmu seperti benar-benar kakakku..
menganggapmu saudaraku, sekalipun kita tidak saling terlihat, tapi aku bahkan merasakan pelukanmu ketika siapapun itu disampingku bahkan dengan sangat nyata terlihat tengah ...menggenggam tanganku,

terima kasih untuk telah hadir menjadi eonni.ku..
sekalipun aku..sedikit menyebalkan aku tidak peduli itu, karena aku tau kau tidak akan pergi hanya karena aku ini tidak baik seperti dongsaeng-dongsaenmu yang lain.
terima kasih untuk hadir di setiap waktu yang terkadang terasa sangat menakutkan, telah datang di malam-malam mengerikanku,
terima kasih untuk sesuatu yang tak bisa kukatakan disini,
sesuatu yang hampir saja membuatku gila karena ketika tidak ada seseorangpun yang mengingatkanku, mengatakan itu salah.

aku juga tau kau terkadang teramat menyebalkan,

''

kau tau, detik ini..7april aku hanya tengah benar-benar menangis karena sebuah pesan,
aku malam tadi tidak sempat menjawabnya, karena itu aku ingin menjelaskan disini.
kau masih bertanya apakah aku tidak merasa kesepian karena menurutmu itu... terlalu tertutup.?
kau masih bisa menanyakan itu?
aku benar-benar menangis karena pertanyaan itu, kau..aku sendiri tidak terlalu yakin masih bisa mengatakan apakah ini disebut kesepian atau sebuah kelengkapan
yang tak bisa disebut dalam sebuah kehidupan, terkadang aku berharap semua yang kau dengar- kau tau , semua yang aku ceritakan pada dunia hanyalah sebuah fiksi dan aku tengah memainkan peran didalamnya..tapi dunia selalu menunjukkan bahwa aku hanya harus terus menjalani itu..
kau tau bagaimana aku memaknai sebuah kata kesepian.? aku tidak memahami itu karena aku memang telah menjadi bagian itu sendiri dengan terlalu dalam..
dan disanalah sesuatu yang lain membisikkanku untuk mulai mengenal apa itu merasakan hidup dengan menjadikan sebuah benda tajam itu sebagai penandanya.
aku benar-benar menitikkan air mata sekarang, hanya tengah merajuk kepada tuhan kenapa kau ada dengan sangat jauh dariku,
hanya sebuah pertanda bahwa aku tengah mengadu kepada tuhan kenapa aku tidak bisa menjadi seperti yang lain yang selalu bisa mengatakan apa itu Z tanpa harus menjelaskan sebelum mencapai Z kau perlu melalui A-Y.

dan aku yang selalu takut untuk menjadi terbuka dengan makhluk disekitarku..hanya karena aku ingin menjaga kepercayaan mereka yang terlanjur mematri dalam ingatan mereka bahwa aku bocah normal, mereka hanya tidak pernah tau bagaimana dengan... sangat keras aku menjaga untuk tetap terlihat normal..dan kemudian kamu tau apa yang mereka tidak tau,
aku tetap tidak mengerti kenapa bisa dengan begitu saja mengatakan hal yang mungkin tersakral dalam hidupku..bahkan pada orang yang tidak pernah aku mendengar suaranya.
jelaskan kenapa aku tidak bisa untuk tidak mengatakan apapun padamu?
karena selama ini tidak ada yang memberiku kesempatan untuk bercerita, mereka tidak pernah ingin tau, mereka tidak memberiku kesempatan untuk mengatakan sebuah ambigu bodoh.
kamu..mungkin tidak terlalu menganggap itu penting ketika harus bertemu denganku, tapi aku..hanya tidak pernah tau apa yang akan terjadi jika kita tidak saling mengenal, terima kasih eonni.
teruslah menjadi umma yang terhebat untuk ken,


24 april-
aku ingin menyelesaikan ini- membuat catatan ini sepanjang mungkin karena akan banyak sekali yang ingin ku ucapkan disini, tapi sesuatu di otakku tiba-tiba menghilang,
aku kehilangan... 'gigitan' dalam menulis detik ini-
suatu saat aku berpikir entah kapan itu, kita benar-benar akan bertemu..kita akan berteriak bersama ketika berada dibilik warnet, kita mungkin bisa bermain bersama ken? kita akan saling mengejek seperti apa yang setiap hari kita lakukan -disms tentu saja- mungkin juga aku akan mengajarkan padamu nanti bagaimana sebuah tomat bukanlah sesuatu yang mengerikan, itu enak kau tau.
dan ah, tentu saja kau harus secerewet seperti yang ku kenal nanti, jangan biarkan ada spasi keheningan ketika kita bertemu.
ini sedikit aneh, dan memang aneh- aku bocah berumur 20tahun tiga hari lagi, dan kau -err 25 tahun sekarang, right.?

tapi aku masih menyempatkan meluangkan waktu membuat catatan konyol ini, dan mengerikannya aku membagi ini denganmu,
aku hanya terlalu bingung- aku tidak tau dengan apa aku akan mengatakan pada dunia seberapa berharganya kau -dan beberapa ...yang lain- ketika terjaring dalam sebuah kata kepemilikkan 'eonniku'

.
aku mungkin penghayal, aku pemimpi,
dunia memberitahuku bahwa hidup tanpa mimpi maka akan mati, tapi kita tidak juga seharusnya hidup di dalam mimpi, tapi aku- aku justru menemukan kehidupan ketika aku bermimpi,

ya tuhan, ini mengerikan, apa yang harus aku ketik sekarang.?

aku menyesal sekarang, menyesal karena telah menyuruhmu menunggu malam ini- aku berjanji akan memberimu a little gift right.? dan aku berani menjamin siang tadi kau menunggu ini- menunggu apa yang akan ku bagi,
mungkin juga kau telah menebak bahwa aku akan memberimu sebuah notes, dunia tau.,aku tidak mempunyai kelebihan apapun selain menghabiskan ribuan karakter kata-kata yang terkumpul dan berbaris untuk kemudian berjalan sesuai apa yang tengah ada di otakku.
maaf ne, kalo a little gift yang dongsaengmu ini katakan tidak berbentuk ataupun terlihat indah-
hanya karena aku..aku bukan seperti dongsaeng-dongsaengmu yang lain yang bisa melakukan itu,
dongsaengmu satu ini adalah seseorang seperti yang kau tau dan kau dengar- tidak bisa berbuat lebih.

harusnya mungkin aku bisa mengetik sesuatu yang mungkin bisa membuatmu terharu- atau setidaknya membuatmu berpikir bahwa ini pantas untuk disebut a little gift,
kalau saja kita bertetangga, aku pasti akan memberimu sebentuk kue ulang tahun, bukan karena sebuah kue teramat penting di event seperti ini- tapi aku hanya berharap kau juga akan memberiku sepotong kue ketika aku ulang tahun..
selama sembi...lan belas kali aku menitih melewati moment-moment ini, hanya sekali aku pernah mendapatkan kue seperti itu-kau mungkin tidak akan percaya- tapi aku detik ini, disini tengah berusaha untuk menjadi seseorang yang paling jujur yang pernah ada.
satu kali-dan itu pun dari seseorang yang tidak terlalu aku mengenalnya di tempat kerjaku- detik itu, dipagi hari- aku membuka kotak coklat kemudian menyalakan satu lilin di atasnya- hanya sendiri..kau tau, aku terisak ketika menyanyikan dalam lirih sebuah lagu selamat ulang tahun yang seharusnya bernada ceria itu..aku menyanyi dan terus menyanyi sampai baris lagu itu habis- ketika aku mengusap pipiku yang perlahan basah, dalam hati aku berdoa..

berdoa agar tahun yang akan datang akan ada mungkin seseorang yang akan bersamaku menyanyikan lagu itu kemudian membantuku mematikan api lilin, aku masih mengingat hatiku benar-benar mengucap itu dulu,
harusnya detik itu- aku bisa meniupnya... dengan seseorang yang telah memberiku kue itu, dia teman kerjaku, tapi bahkan orang itu sama sekali tidak mengucapkan sepatah kata untukku..mungkin dia berpikir, sebuah kue akan memberiku kebahagiaan di hari istimewaku sekalipun itu tanpa ucapan apapun..
dia salah..dia salah...

aku tidak akan mengatakan disini betapa aku sangat bersyukur bisa memberi sebuah ucapan birthday untukmu dan beberapa yang lainnya- betapa aku,sangat berterima kasih karena telah mengenal kalian,
dan sekali lagi ku katakan- mungkin hanya sebuah kebetulan kita bisa saling mengenal, aku..mungkin saja sesuatu yang akan berlalu dalam perjalanamu, tapi ketahuilah- kau bahkan telah memberiku genggaman tangan ketika aku tengah terlepas tak mempunyai pegangan, berkali-kali ku ucapkan terima kasih untuk kau dan beberapa eonniku karena telah terlahir kedunia ini..tapi bahkan kalimat itu tidak bisa mewakili betapa berharganya persaudaraan kita,
mari kita berharap aka...n ada waktu untuk kita bisa saling menghabiskan waktu bersama- bercerita tentang super junior, tentang dunia kita masing-masing, aku membayangkan itu akan sangat mengesankan selain tentu saja menyenangkan.
terkadang aku berpikir juga, akankah seberuntung itu dongsaeng nyatamu disana.?
pasti iya, Tuhan..tidakkah aku cukup manis untuk kau berikan aku eonni nyata seperti orang yang tengah membaca ini..?
aku tau Tuhan mendengar ini dan mungkin akan mengabulkannya nanti ketika aku hhidup untuk kedua kalinya -mungkin-
sampailah akhir dari semua kebingunganku untuk melanjutkan mengetik ini sampai akhir...dan aku tetap saja bingung meskipun ketikan ini telah benar-benar berakhir =.=

terima kasih telah meluangkan waktu membaca ini, mungkin ini tidak berarti apa-apa, karena seperti biasa..aku selalu gagal membuat sesuatu yang indah,
aku bukan makhluk jenius seperti apa yang selama ini aku koar-koarkan, aku hanyalah seorang yeoja biasa dengan imajinasi yang terkadang aku sendiri terlalu sulit untuk menampungnya...aku penghayal, aku pemimpi...terima kasih mau menerima orang mengerikan ini untuk terus kau anggap menjadi dongsaengmu...

aku tidak akan memintamu untuk terus menjadi eonniku, karena sekalipun kau melepaskan aku sebagai dongsaengmu...aku tetaplah aku yang tak akan bisa melepas sesuatu yang berharga dengan begitu mudahnya,
aku masih mengingat bahkan menyimpan pesan singkatmu ketika untuk pertama kalinya kau tahu bagaimana aku dan hubunganku dengan benda-benda tajam nan dingin itu, dan detik itu secara reflek aku memintamu untuk tidak takut atau bahkan meninggalkan aku, kau berjanji ne..bahwa kau tidak akan kemana-mana...
karena ada seseorang yang bertahan itulah sekarang aku berhentiiii........... kaau tau, aku benar-benar berhenti -setidaknya tengah berjuang untuk berhenti- terima kasih ne,

apa ini panjang..? maaf jika a little gift ini bahkan terkesan bukan untukmu...karena hanya berisi cerita-ceritaku atau mungkin ini terbaca terlalu alay..? jangan tertawakan aku untuk ketikan ini..atau ku bunuh kau..!
XD

seperti inilah akhirnya, aku berharap persaudaraan kita akan terus berlanjut dan berlanjut sampai ulang tahun berikutnya, dengan itu mungkin aku bisa menceritakan yang lebih menarik dari pada ini...

teruuuslah sehat dan teruslah sehat...!!
buat pangeran kecilmu bangga karena mempunyai umma sepertimu
dan tetaplah menjadi ELF...!!!

saranghae....

1 komentar:

  1. hello sister,blognya bagus !!
    Alangkah baiknya mampir juga ke blog saya http://ariflarajiwa.blogspot.com

    BalasHapus